Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Jumat, 19 Oktober 2018

Surah Yang Penuh Kasih dari Allah

Surah Yang Penuh Kasih dari Allah-Angin Kota Madinah bertiup dingin. Lautan manusia mulai meninggalkan Masjid Nabawi setelah doa Isya.

Beberapa terus datang kembali ke hotel. Tidak kurang memilih untuk tinggal di masjid, mengoceh ke Raudhah dan menyapa Rasulullah.

Setelah berbaring di sandal, saya berjalan di depan Babus Salam mencari Aizat dan Fateh.

Kami berjanji untuk berkumpul di sana setelah sholat karena Fateh ingin membawa kami ke restoran makanan Pakistan yang dia temui sore ini.

Surah Yang Penuh Kasih

Saat itulah bahu saya tiba-tiba disadap dari belakang.

"Sori Kal." Fateh dan Aizat menyambutnya dengan senyum. "Kami berdoa di luar."

Wajahku mengerutkan kening. "Dalam banyak berhala kosong."

"Tidak ada waktu." Geleng Aizat. "Imam telah mengambil takbir kami ketika kami turun dari hotel. Ingatkan Fatihah dia membaca kalimat panjang. Setelah Qul 'Auzu Birabbil Falaq daaaa. "

Aku dan Fateh tertawa terbahak-bahak.

"Sebelum waktunya sangat buruk ..." Fateh membuka ceritanya. "Aku punya bahan untuk membaca Tarokai Nature sebagai pendeta. Saya tidak tahu mengapa, sepertinya budak non-standar tahfiz sehingga imam membaca bab pendek. Saya membuatnya segar. Setelah itu, jika saya seorang imam, saya tidak membaca singkatnya. "

Kami menghabiskan sisa tawa sambil bergerak keluar dari halaman masjid. Di hatiku, pikiranku jauh sekali.

Sebagian orang menganggap surah al-Falaq sebagai surat pendek yang hanya bisa dibaca ketika solat saja. Tidak kurang membacanya sebagai latihan sebelum tidur, atau di Ma'thurat zikir pagi dan sore.

Bagi mereka yang mempelajari atau mempraktikkan metode pengobatan Islam, surah al-Falaq adalah salah satu sura yang harus dipraktekkan sebagai hambatan terhadap gangguan makhluk.

Tapi tahukah Anda, surah al-Falaq sebenarnya memiliki posisi lebih tinggi dari itu?

Perhatikan arti indah dari hadis di bawah ini:

Uqbah bin 'Amir datang menemui Nabi dan berkata: "Wahai Rasulullah, bacakan pada saya beberapa ayat dari Surat Hud dan surah Yusuf. Kemudian Rasulullah (ﷺ) berkata: "Wahai Uqbah, Anda tidak membaca salah satu sura paling dicintai Allah dan yang paling mulia di sisi-Nya selain surah al-Falaq. Jika engkau mampu untuk tidak ketinggalan membacanya dalam setiap shalat, maka lakukanlah. "(Hadis ini dinilai Sahih oleh Sheikh Albani rahimahullah dan dinukil oleh al-Hafiz al-Munziri dalam kitabnya Targhib wa Tarhib)

TENTANG SURAT AL-FALAQ

قل أعوذ برب ٱلفلق 1 من شر ما خلق 2 ومن شر غاسق إذا وقب 3 ومن شر ٱلنفثت في ٱلعقد 4

ومن شر حاسد إذا حسد 5

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Hari Ini,

Dari kejahatan makhluk-makhluk yang Dia ciptakan,

Dari kejahatan malam ketika hari sudah gelap,

Dan dari kejahatan para wanita dukun yang mengikat simpul dan ikatan,

Dan dari kejahatan mereka yang iri ketika dia iri

Surah ke 113 ini berisi lima ayat dan termasuk dalam kategori sura Makkiyah. Ibn Abi Hatim membawa riwayat dari Jabir yang mengatakan Al-Falaq berarti waktu Subuh, sebagaimana firman Allah di dalam ayat ke 96 surah al-An'am berarti: "Dia menyingsingkan pagi."

Surah al-Falaq memiliki hubungan yang erat dengan surah an-Naas. Kedua surat itu diberi nama al-Muawwidzatain karena ini dimulai dengan penerapan perlindungan Allah.

Untuk lebih memahami esensi bab ini, ada dua istilah Arab yang menarik untuk kita ketahui.

Istilah pertama adalah Musta'az Bihi, yang artinya kepada siapa kita mencari perlindungan. Dalam konteks surah al-Falaq, Musta'az Bihi di sini adalah Allah SWT.

Melalui keagungan dan kekuatan-Nya, kami mohon pada Tuhan untuk melindungi kami dari kejahatan makhluk-Nya, kegelapan yang hadir di malam hari, rencana para ahli sihir dan orang-orang yang iri hati.

Istilah kedua adalah Musta'az Minhu, yang berarti ancaman seperti apa yang ingin kita hindari.

Dalam konteks surah al-Falaq, Musta'az minhu adalah kita memohon dijauhkan dari kejahatan makhluk, kegelapan malam, ancaman tukang sihir dan orang-orang yang dengki.

MENGAJAR

Jadikan Allah tempat terbaik yang kami minta bantuan.

Jauhkan dari tindakan takhayul seperti sihir hitam atau pergilah ke bomoh.

Jauhi kecemburuan sesama manusia. Kecuali untuk dua kelompok diizinkan untuk syaf kami untuk mereka.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud, Nabi Sallallah Alaihi Wasallam mengatakan:

"Hasad dibenarkan dalam dua kasus. Orang yang diberkati dengan harta Tuhan dan dia menggunakan harta di jalan yang benar. Dan manusia yang diberikan oleh Allah kebijaksanaan dan dia mempraktekkannya dan mengajar orang lain. "(HR. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

PENUTUPAN

Pembaca Tuhan yang terkasih,

Di antara cara-cara bersyukur atas karunia Allah adalah dengan mempraktekkan praktik-praktik yang dicintainya.

Termasuk dengan membuat surah al-Falaq sebagai seorang bijak untuk cinta Tuhan.

Meskipun hanya lima ayat, kebijaksanaan dan makna di dalamnya sangat baik untuk direfleksikan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga teman-teman yang membaca artikel ini berafiliasi dan menjadi milik hamba Allah yang terkasih.

Jika catatan singkat ini berisi sepotong kebaikan, bagikan kepada teman-teman Anda. Semoga kita tidak akan berbagi yang baik untuk hadiah yang berlipat ganda.

REFERENSI

1. Terjemahan Al-Quran | Basmeih

2. Hadis Terjemahan | Sunnah.com

3. Surat-Surat Allah Yang Paling Dicintai Ustaz Mizan Qudsiyah https://www.youtube.com/watch?v=P2S2eEe16Rc&t=120s
Surah Yang Penuh Kasih dari Allah Diposkan Oleh: