Berita islam terkini

loading...

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 81-82


(Bukan demikian), yang benar, barangsiapa berbuat dosa dan is telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalam-nya. (QS. Al-Baqarah: 81) Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah: 82)

Allah swt mengatakan, “Masalahnya tidak seperti yang kalian angan-angankan dan harapkan. Tetapi barangsiapa mengerjakan kejahatan dan dosa-nya itu telah meliputi dirinya sampai hari kiamat, sedang ia tidak mempunyai kebaikan sedikitpun, dan semua amalannya berupa kejahatan, maka ialah salah satu penghuni neraka.”

Wal ladziina aamanuu wa ‘amilush shaalihaati (“Dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih”) maksudnya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang sesuai dengan syariat, maka mereka itulah penghuni surga.

Mengenai firman-Nya: balaa man kataba sayyi-atan (“Bukan demikian, yang benar, barangsiapa berbuat dosa.”) dari Ibnu Abbas, Muhammad bin Ishak mengatakan: “Yaitu suatu perbuatan seperti perbuatan kalian [orang-orang Yahudi] kekufuran seperti kekufuran kalian kepada-Nya, sehingga kekufuran itu meliputi dirinya, sedang ia sama sekali tidak mempunyai kebaikan.”

Dalam suatu riwayat Ibnu Abbas, ia mengatakan: “Yaitu perbuatan syirik.”

Hasan al-Bashri juga as-Suddi mengatakan: “Dosa yang dimaksud, yaitu salah satu perbuatan yang termasuk dosa besar.”

Sedang mengenai firman-Nya: ahaathat biHii khathii-atuHu (“Dan ia telah diliputi oleh dosa-dosanya itu.”) dari Mujahid, Ibnu Juraij mengatakan: “Yaitu yang meliputi hatinya.”

Dari Abu Razin, dari Rabi’ bin Khaitsam, al-A’masy mengatakan: “Yaitu orang yang mati dalam keadaan masih berlumuran dosa yang ia lakukan dan belum bertobat.” Semua pendapat ini masih saling berdekatan maknanya, wallaaHu a’lam.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda: “Waspadalah kalian terhadap dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa kecil itu akan menumpuk pada diri seseorang sehingga membinasakannya.” (HR Ahmad)

Rasulullah saw. memberikan perumpamaan bagi mereka ini seperti kaum yang singgah di suatu tanah yang tandus, lalu satu-persatu dari mereka pergi dan kembali dengan membawa sepotong kayu hingga akhirnya mereka berhasil mengumpulkan setumpuk kayu, lalu membakar apa yang mereka campakkan di dalamnya hingga matang.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 81-82 Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri