Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Ahad, 5 Oktober 2014

Kunci Mencapai suri Tauladan Rasulullah

Kunci Mencapai suri Tauladan Rasulullah

  Akhlak Rasulullah, Kajian, Mimbar 
IKUTI SURI TAULADAN RASULULLAHSesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S. Al Ahzab : 21)
Keteladanan yang mulia melimpah pada diri Rasulullah SAW. Beliau ibarat istana yang di dalamnya penuh dengan perhiasan, mutiara dan mutu hikmah. Semua perhiasan yang melimpah tersebut sengaja disediakan dan boleh dinikmati serta dikenakan oleh siapapun untuk menghiasi dirinya. Tentunya bagi mereka yang mampu memasuki gerbang istana tersebut. Setiap gerbang pasti ada kuncinya, maka siapapun yang memiliki kunci pembuka itu akan mudah menikmati gemerlapnya perhiasan yang tersedia.
Demikianlah Rasulullah Saw. Dalam diri beliau tersedia tauladan melimpah yang bisa diambil dan dijadikan penghias akhlak bagi siapapun manusia didunia ini.tapi, apakah setiap orang bisa dengan mudah menggapai keteladanan itu dan menjadikannya sebagai penghias diri dalam mengarungi kehidupan fana di dunia ini? Atau ada kunci khusus?
  jika kita perhatikan ayat pembuka di atas, ayat tersebut dibuka dengan dua kata penguat, "Qad" dan "Lam" taukid. Keduanya berfungsi menguatkan dan menegaskan makna. Padahal dengan satu taukid (penguat) saja dalam sebuah kalimat sudah menegaskan maknanya. Tambahan kata "sungguh" yang kita gunakan tentunya untuk lebih meyakinkan kepada orang yang bertanya dan untuk menghilangkan keraguan dalam dirinya sendiri.
Ayat di atas juga memberikan kesan bahwa kita ini ragu dengan informasi yang Allah berikan melalui ayat di atas, yaitu bahwa Rasulullah Saw. adalah teladan terbaik untuk kita. Benarkah kita ragu? Atau betulkah ada yang meragukan bahwa Rasulullah Saw. adalah teladan yang terbaik? Secara pemikiran dan kajian akademik semua percaya, semua mengakui, baik lawan maupun kawan. Jadi dimanakah letak keraguan itu? Bukan pada pemahaman, akan tetapi pada tingkat ekspresi dari yang diyakini serta prilaku yang ditunjukkan.
  misalnya contoh, kalimat yang diucapkan seorang dokter, "Sungguh, olahraga itu sangat berguna bagi kesehatan kita." Apakah kita tidak percaya dengan informasi tersebut? Kita semua secara pemikiran tidak satupun yang meragukannya, namun apakah setiap kita berolah raga dengan serius demi menjaga kesehatan.
begitu juga, kita percaya namun kepercayaan itu mirip dengan keragu-raguan.begitu pula tentang keteladanan yang ada pada diri Rasulullah Saw. Semua percaya dan yakin akan hal itu.tapi, dalam kenyataaanya banyak yang tidak benar-benar yakin karena prilakunya tidak menunjukkan hal tersebut. Kalau memang benar-benar percaya dan yakin maka ia akan mengambil keteladanan itu dan menjadikannya sebagai bagian dari karakter dirinya sendiri.
Ternyata mengambil keteladanan Rasulullah Saw. tidak mudah
Negara yang mayoritas penduduknya muslim ini menunjukkan realita yang begitu adanya. Rasulullah Saw adalah pribadi yang terpercaya bahkan sebelum beliau diangkat sebagai Rasul. Namun kejujuran dan amanah menjadi barang langka zaman sekarang.Rasulullah adalah pribadi yang sangat adil, baik dengan dirinya, keluarga bahkan dengan masyarakatnya.
  tapi banyak di antara kita yang tidak bisa bersikap adil bahkan kepada dirinya sendiri. Masih banyak pemberitaan tentang KDRT yang merupakan cerminan hilangnya keadilan dalam rumah tangga, karena lawan dari keadilan adalah kezhaliman. Masih banyak rakyat yang mengeluhkan minimnya keadilan dalam negara kita.
Rasulullah Saw. sangat lembut,sopan santun dan begitu bijak, namun banyak kita temukan sikap-sikap kasar terjadi dalam bermuamalah antar sesama. Bukankah beliau teladan yang terbaik untuk kita semua? Namun mengapa keteladanan itu terasa sulit untuk kita jadikan karakter diri kita. Rasulullah Saw tidak banyak tidur kalau kita sedikit-sedikit tidur. Rasulullah sedikit makan,kalau kita sedikit-sedikit makan. Rasulullah sedikit bercanda,kalau kita sedikit-sedikit bercanda. Kita biasanya sedikit beribadah, Rasulullah terus menerus beribadah.
Kunci Awal mencapai Keteladanan Rasulullah Saw.
Ada tiga hal yang akan menjadi kunci bagi kita untuk awal membuka gerbang istana yang didalamnya terdapat keindahan suri tauladan Rasulullah Saw.
1. Berharap hanya kepada Allah
Orang-orang yang selalu berharap kepada Allah swt, tidak akan menyibukkan dirinya dengan pujian-pujian dari manusia lain terhadap apa yang telah ia lakukan. Ia hanya berharap kebaikan dari Allah sebagai balasan kebaikannya. Ketika ia beramal maka pahala dari Allah - lah harapannya, jika ia berkarya demi kemaslahatan bersama maka cinta dari Allah - lah yang menjadi dambaannya.
demikian setiap insan yang berharap kepada Allah swt, akan lebih mudah melakukan kebaikan karena ia hanya berharap balasan dari Allah, bukan dari manusia lainnya. Dan ini menjadikannya dapat mengambil suri teladanan Rasulullah dalam melakukan amal yang baik serta meninggalkan keburukan maksiat. Allah swt berfirman,
"Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shaleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya." (Q.S Al Kahfi : 110)
2. Berharap akan datang hari  akhirat.
Ketika mendengar kata akhirat maka yang ada dalam benak kita adalah Surga dan Neraka. Inilah akhir perjalanan kita kelak. Maka orang yang berharap akan akhiratnya, tentunya mereka adalah orang yang mengidamkan surga.
Pribadi diri yang senantiasa mengharapkan kehidupan baik di akhirat, maka akan mudah baginya untuk berbuat kebaikan, dan ia akan terjaga dari perbuatan buruk yang bisa saja dilakukannya. Ketika ia akan melakukan perbuatan buruk, berlaku curang, perbuatan keji, dan mungkar, maka ia akan teringat bahwa ini akan mengantarkannya pada adzab Allah yang begitu pedih di neraka, serta merta ia akan membatalkan untuk melakukan perbuatan maksiat tersebut.
Demikian sodaraku, mereka semua yang memiliki kunci kedua ini akan mudah meneladani Rasulullah Saw.
3. Banyak-banyak berdzikir kepada Allah
Banyak di antara kita yang setiap harinya berdzikir, sehabis shalat atau di waktu-waktu tertentu. Bahkan ada juga yang menentukan jumlah yang begitu banyak, misal 1001 kali atau 333 kali. Tentunya bukan sekedar jumlah atau waktu yang kita habiskan untuk dzikir kepada Allah, melainkan memperbanyak dzikir kepada Allah dengan dzikir yang berkualitas yang ada dihati. 
Dzikir yang berkualitas kita jika makna dzikir kepada Allah itu menjadikan kita ingat kepada Allah dalam setiap perbuatan kita didunia ini. Dan ini menjadikan kita dapat mengambil suri tauladan dari Rasulullah Saw. Misalnya dzikir kita kepada Allah dengan asmanya, As Samii' dan Al 'Aliim (Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui). Dengan memaknai dzikir ini dalam setiap perbuatan kita, maka kita akan merasa selalu diawasi dan kita selalu berusaha untuk melakukan amal yang baik dan menjauhi perbuatan yang buruk dikehidupan dunia yang sebentar ini.dzikir kepada Allah maknanya harus sampai dihati,jangan dimulut saja
Wallahu 'alam bish showab
Kunci Mencapai suri Tauladan Rasulullah Diposkan Oleh:

0 comments:

Catat Ulasan