Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Kamis, 24 Desember 2015

Cara Menenangkan Hati dalam Islam

Cara Menenangkan Hati dalam Islam
Menenangkan hati diperlukan ketika hati sedang gelisah. Ketika masalah terjadi yg mengakibatkan kegelisahan,menenangkan hati menurut Islam menjadi pilihan.Hidup tidak mungkin tanpa masalah karena sudah menjadi fitrah manusia.Lalu bagaimana cara menenangkan hati dalam Islam?

Cara menenangkan hati dalam Islam diantaranya adalah dengan berdzikir mengingat Allah. Dengan berdzikir,kita akan merasa bahwa masalah yg terjadi adalah atas kehendak-Nya. Allah sedang menguji kita dengan masalah tersebut .Rahasia Dalam Surat Al-Fatihah.

Selain berdzikir mengingat Allah SWT, ada beberapa cara menenangkan hati dalam Islam yg bisa menjadi penawar kegelisahan yg terjadi.Yakinlah bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya kecuali dalam batas kemampuannya.

Sabar
Dengan kesabaran, manusia akan lebih bisa menghadapi masalah yg berat sekalipun. Ketika Nabi Muhammad SAW menghadapi cobaan selalu dihadapi dengan kesabaran. Menenangkan hati dengan sabar sesuai dengan firman Allah yg artinya “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yg sabar” (Qs. Al-Baqarah 153).

Cara Menenangkan Hati dalam Islam

Cara Menenangkan Hati dalam Islam


Berpikiran positif
Selalu berpikiran positif atau positive thinking sangat membantu untuk menenangkan hati yg sedang gelisah.Jangan sampai kita memiliki pikiran yg negatif tentang masalah yg sedang terjadi,apalagi sampai menyalahkan atau menuduh bahwa Allah tidak bertindak adil terhadap diri kita.Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya.

Lihat Juga:Resiko dan Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan.

Untuk menenangkan hati,Allah telah berjanji bahwa ada kemudahan dalam setiap kesulitan sebagaimana firman Allah yg artinya “Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Qs Al-Insyirah 5-6).

Berdzikir (mengingat Allah)
Cara menenangkan hati dalam Islam sebagaimana yg telah dijelaskan di atas adalah dengan mengingat Allah, kita dapat menghadapi persoalan dengan lebih tenang.Allah telah berjanji,bagi siapa saja yg mengingat-Nya,maka di dalam hatinya akan terisi dengan ketentraman.

Satu hal yang harus diingat, untuk dapat menenangkan hati,dzikir tidak hanya dilakukan sebatas ucapan lisan dan atau hati saja.Dzikir kepada Allah ialah rangkaian kegiatan yg melibatkan hati,lisan,dan perbuatan yg tidak dapat dipisahkan.

Sebagaimana firman Allah yg artinya “Orang-orang yg beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram” (Qs Ar-Ra’du 28).

Sholat
Sholat merupakan ibadah yg bisa menenangkan hati,penangkal dan penawar berbagai penyakit hati yg bersarang di dalam dada manusia.Sholat ialah aktivitas komunikasi langsung dengan Allah yg menggenggam dan menguasai segala hati,yg menciptakan penyakit dan yg menyembuhkannya tanpa rasa sakit.

Baca juga:Perayaan Maulid Diberbagai Penjuru Dunia

Jadi,untuk cara menenangkan hati dalam Islam adalah dengan bersabar,berpikir positif, berdzikir mengingat Allah,dan sholat.Karena semua itu adalah solusi segala persoalan, termasuk masalah penyakit hati seperti rasa gelisah,resah,gundah,gulana,galau dan lain sebagainya.

Demikianlah cara menenangkan hati dalam Islam ini,semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.
Cara Menenangkan Hati dalam Islam Diposkan Oleh: