Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Sabtu, 18 Maret 2023

Umat Islam gelar salat gaib untuk korban gempa di Turki dan Suriah

Ratusan ribu orang berkumpul di masjid-masjid pada hari Jumat untuk melaksanakan salat ghaib bagi para korban gempa bumi di seluruh dunia Muslim.

Puluhan ribu jamaah Palestina melaksanakan salat absen baik di Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, maupun di masjid-masjid di Jalur Gaza. (Saeed Qaq / AA)

Umat Islam gelar salat gaib untuk korban gempa

Ribuan warga melaksanakan shalat ghaib di masjid-masjid di negara-negara Muslim pada hari Jumat untuk mendoakan para korban gempa di Turki dan Suriah.

Di Palestina, ribuan orang melaksanakan shalat ghaib di masjid-masjid Tepi Barat untuk para korban gempa bumi, diikuti dengan pengumpulan sumbangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Wakaf Agama.

Puluhan ribu jamaah Palestina juga melaksanakan salat absen di Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, dan masjid-masjid di Gaza.

Di Uni Emirat Arab, para jamaah melaksanakan salat ghaib setelah salat Jumat di seluruh masjid di negara tersebut, sebagai tanggapan atas undangan Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, menurut surat kabar Emirat.

Ibukota Bahrain, Manama, juga menjadi saksi dari shalat ghaib untuk para korban gempa bumi di Suriah dan Turki, harian Bahraini Al Ayam melaporkan.

Baca juga kelima jilid Al-Qur'an tulisan tangan berusia 1400 tahun

Di Yordania, setelah salat Jumat, semua masjid menjadi saksi salat gaib untuk para korban gempa, menurut arahan dari Kementerian Wakaf Agama negara itu pada hari Kamis.

Di Lebanon, ratusan orang berpartisipasi dalam shalat ghaib di masjid-masjid di berbagai wilayah, termasuk di ibu kota Beirut, Tripoli, dan Sidon, demikian laporan koresponden Anadolu Agency.

Di Yaman, ratusan warga Yaman melaksanakan salat gaib di kota barat daya Taiz untuk mendoakan arwah para korban gempa.

Sedikitnya 19.388 orang meninggal dunia dan 77.711 lainnya luka-luka sejak gempa bumi dahsyat hari Senin di tenggara Turki, menurut data resmi terbaru.

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 SR yang berpusat di provinsi Kahramanmaras telah berdampak pada sekitar 13 juta orang di 10 provinsi di Turki, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye dan Sanliurfa.

Di negara tetangga, Suriah, jumlah korban tewas telah meningkat di atas 3.300 orang, dengan lebih dari 5.200 orang terluka, menurut data yang terkumpul.

Umat Islam gelar salat gaib untuk korban gempa di Turki dan Suriah Diposkan Oleh:

0 comments:

Posting Komentar