Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Selasa, 21 Maret 2023

Tips Mempersiapkan Anak Saya Menghadapi Ramadhan

Tips Mempersiapkan Anak Menghadapi Ramadhan - Di bulan Ramadan, saya sibuk mempersiapkan anak-anak saya untuk menghadapi bulan suci ini. Saya membuat daftar tantangan yang mungkin akan saya hadapi selama Ramadan bersama anak-anak saya. Salah satu tantangan utama adalah lingkungan sekolah mereka yang non-Muslim, karena mereka bersekolah di sekolah umum. Anak saya belum berada di usia yang diwajibkan untuk berpuasa, namun masih dalam tahap latihan. Namun terkadang saya merasa sangat bingung apa yang harus dilakukan jika ada ujian di sekolah, kelas renang, atau anak saya merasa terlalu lapar.

Tips Anak Saya Menghadapi Ramadhan

JAWABAN

Dalam jawaban konseling ini:

-Sebagai pilihan alternatif, Anda dapat mengizinkan anak untuk berpuasa pada hari apa pun yang mereka inginkan, termasuk jika ada ujian atau olahraga, tetapi beritahukan kepada anak bahwa jika mereka merasa tidak sanggup untuk berpuasa, tidak masalah jika mereka ingin sarapan.

-Seiring bertambahnya usia, mereka juga perlu memahami bahwa hal tersebut tidak selalu menjadi alasan yang diperbolehkan untuk sarapan, terutama jika mereka hanya ingin berbuka karena merasa lapar.

Assalamu'alaikum wa rahmatulahi wa barakatuh,

Ada banyak tantangan yang muncul dalam melatih anak menghadapi bulan Ramadan, dan ketika mereka bersekolah di lingkungan non-Muslim, ada beberapa tantangan tambahan yang mungkin Anda hadapi. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempermudahnya.

Seperti yang Anda katakan, anak Anda belum berada pada usia di mana puasa diwajibkan, namun kita tahu bahwa melatih mereka bertahun-tahun sebelumnya akan memudahkan mereka untuk berpuasa di masa depan ketika puasa menjadi sebuah kewajiban.

Hal ini memberi mereka kesempatan untuk tidak hanya mengetahui apa yang akan mereka hadapi, tapi juga kesempatan untuk mulai menghargai hal-hal yang didorong oleh Ramadan, bahkan jika itu sesederhana memahami rasa lapar yang dihadapi oleh banyak saudara-saudari kita setiap hari, tidak hanya selama Ramadan.

Jika Anda memiliki kekhawatiran besar mengenai puasa anak di hari sekolah, maka Anda dapat mendorong mereka untuk berpuasa di akhir pekan saja.

Namun, jika mereka ingin berpuasa di hari sekolah juga, maka karena mereka belum mencapai usia yang diwajibkan, mereka dapat melewatkan puasa di hari-hari di mana mereka harus mengikuti ujian atau olahraga dan mengizinkan mereka untuk berpuasa di hari-hari lain di mana mereka tidak perlu melakukan tugas-tugas yang berat.

Pilihan alternatif lainnya adalah mengizinkan mereka untuk berpuasa pada hari apa pun yang mereka inginkan, termasuk jika mereka memiliki ujian atau olahraga, tetapi beri tahu mereka bahwa jika mereka merasa tidak dapat menyelesaikan puasa mereka, maka tidak apa-apa dalam situasi mereka untuk sarapan.

Seiring bertambahnya usia, mereka juga perlu memahami bahwa hal ini tidak selalu menjadi alasan yang diperbolehkan untuk sarapan, terutama jika mereka hanya ingin berbuka karena merasa lapar.

Jadi, mungkin opsi khusus ini bisa menjadi salah satu yang cocok untuk anak-anak yang lebih besar yang hampir mencapai usia di mana puasa menjadi wajib agar mereka dapat merasakan tantangan yang mungkin mereka hadapi sebagai remaja/dewasa.

Untuk lebih mendukung mereka dalam hal ini, terutama dalam hal berpuasa di hari sekolah, Anda dapat mempermudahnya dengan memberi tahu pihak sekolah.

Baca juga Biografi Fatimah Az Zahra (RA)

Dengan demikian, para guru dapat mendukung mereka dan mengetahui apa yang mereka lakukan. Selain itu, pastikan juga untuk memberi tahu para guru bahwa tidak masalah bagi mereka untuk berbuka puasa jika mereka perlu. Sekali lagi, dengan cara ini guru mereka akan dapat mengawasi mereka jika mereka perlu berbuka puasa.

Sementara itu, terus perkuat hubungan mereka dengan Allah di bulan Ramadan dengan melakukan ibadah sebanyak mungkin, terutama sebagai keluarga sehingga Anda dapat menjalin ikatan dalam kegiatan-kegiatan ini dan anak-anak dapat merasakan tantangan dan kegembiraan yang ada di bulan ini.

Dengan memiliki pemahaman dan hubungan yang positif dengan Ramadan dan memahami mengapa kita berpuasa, mereka akan mendapatkan yang terbaik dari pengalaman tersebut dan termotivasi untuk ikut berpuasa di tahun-tahun berikutnya.

Semoga Allah memberikan pahala kepada Anda karena telah mendukung anak-anak Anda untuk menikmati Ramadan. Semoga Allah memberikan berkah dalam semua aktivitas Anda selama bulan yang penuh berkah ini.

Salam

Tips Mempersiapkan Anak Saya Menghadapi Ramadhan Diposkan Oleh:

0 comments:

Posting Komentar