Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Minggu, 26 Maret 2023

Kisah Sayyidah Ummu Kultsum singkat

Siapakah Sayyidah Ummu Kulthoom binti Muhammad رضي الله عنها?

Nama Sayyidah Ummu Kulthoom binti Muhammad رضي الله عنها

Lahir: 34 tahun setelah kelahiran Nabi kita tercinta shallallahu alayhi wasallam (21 H)

Wafat: 2 tahun sebelum wafatnya Nabi kita tercinta shallallahu alayhi wasallam (9 H)

Sayyidah Ummu Kulthom رضي الله عنها adalah putri ketiga dari putri-putri tercinta Nabi kita tercinta ﷺ dan setahun lebih muda dari Sayyidah Ruqayyah رضي الله عنها.

Kisah Sayyidah Ummu Kulthoom singkat

Beliau lahir 6 tahun sebelum Nabi ﷺ kita tercinta dianugerahi kenabian.

Beliau dikenal dengan kesabaran dan ketabahannya.

Beliau memeluk Islam di usia yang sangat muda bersama dengan ibunda tercinta, Khadijah binti Khuwaylid رضي الله عنهما.

Beliau pertama kali menikah dengan Utaybah, yang merupakan anak dari Abu Lahab. Ketika Allah Ta'ala memberkati Nabi kita tercinta ﷺ dengan kenabian, beliau menerima Islam sementara ayahnya tetap pada agama ayahnya dan karena kebenciannya terhadap Islam, beliau menceraikannya sebelum pernikahannya sempurna.

Ia kemudian tinggal bersama Nabi kita tercinta ﷺ selama beberapa tahun dan mengambil tanggung jawab pekerjaan rumah tangga Nabi kita tercinta ﷺ.

Ketika saudara perempuannya, Sayyidah Ruqayyah رضي الله عنها meninggal dunia, ia menikah dengan Sayyiduna Utsman Ibn Affan رضي الله عنه.

Mereka berdua hidup bersama selama enam tahun dan selama itu mereka tidak memiliki anak.

Dalam sebuah hadits kita mengetahui bahwa Nabi ﷺ yang tercinta bersabda, "Aku tidak menikahkan Utsman رضي الله عنه dengan Ummu Kultsum kecuali dengan Wahy (wahyu) dari langit." (Majma'uz Zawaa'id)

Nabi kita tercinta ﷺ, dengan karakternya yang sempurna, memberikan pendidikan yang sangat baik. Beliau menanamkan ketakwaan, kebaikan, kesabaran dan sifat-sifat baik lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Sayyidah Ummu Kulthom رضي الله عنها wafat pada tahun ke-9 Hijrah, pada usia muda di Madinah. Nabi kita tercinta ﷺ sangat bersedih atas wafatnya beliau. Nabi kita tercinta ﷺ kemudian memimpin Janazah Shalat dan beliau dimakamkan di Jannatul Baqi. Nabi kita tercinta ﷺ duduk di dekat makamnya sementara air mata mengalir dari matanya.

Baca juga Doa dari 70,000 malaikat!

Semoga Allah menganugerahinya kedudukan yang tinggi di Jannah dan semoga Allah Ta'ala menerima semua jasanya untuk agama dan memberinya pahala atas nama kita.

Kisah Sayyidah Ummu Kultsum singkat Diposkan Oleh:

0 comments:

Posting Komentar