Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Sabtu, 18 Maret 2023

Diplomat Tinggi Turki Akan Kunjungi Mesir Setelah Satu Dekade Ketegangan

FOTO FILE: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu bertemu dengan mitranya dari Mesir Sameh Shoukry di Mersin, Turki, 27 Februari 2023. Kementerian Luar Negeri Mesir/Handout via REUTERS

Diplomat Tinggi Turki Akan Kunjungi Mesir Setelah Satu

KAIRO/ANKARA - Menteri Luar Negeri Turki akan berkunjung ke Kairo pada hari Sabtu (27/2), sebagai tanda mencairnya hubungan diplomatik setelah satu dekade hubungan diplomatik terputus akibat penggulingan presiden Mesir yang merupakan sekutu Ankara, Mohamed Mursi.

Kunjungan Mevlut Cavusoglu akan menjadi yang pertama kalinya Turki mengirim diplomat tertinggi ke sana sejak panglima militer Mesir, yang kini menjadi presiden, Abdel Fattah al-Sisi memimpin penggulingan Mursi pada Juli 2013.

Kunjungan ini dilakukan dua minggu setelah rekan Cavusoglu dari Mesir, Sameh Shourky, mengunjungi Turki untuk menunjukkan solidaritas setelah gempa bumi besar yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki dan Suriah.

"Semua aspek hubungan bilateral kami akan didiskusikan, dan pandangan-pandangan akan dipertukarkan mengenai isu-isu regional dan internasional," kata kementerian luar negeri Turki.

Kunjungan ini "meresmikan jalan untuk memulihkan hubungan normal antara kedua negara," kata kementerian luar negeri Mesir dalam sebuah pernyataan yang sama.

Kunjungan ini akan meluncurkan "dialog mendalam" yang bertujuan untuk mencapai "saling pengertian yang mencapai kepentingan kedua negara," tambah juru bicara kementerian luar negeri Mesir.

Mursi, seorang tokoh senior Ikhwanul Muslimin yang meninggal pada tahun 2019, didukung oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Partai AK yang berakar pada Islamis.

Ada tanda-tanda pemulihan hubungan antara Turki dan Mesir dalam beberapa bulan terakhir.

Sisi dan Erdogan berjabat tangan selama Piala Dunia 2022 di Qatar.

Setelah gempa bumi mematikan bulan lalu, Sisi dan Erdogan berbicara melalui telepon, dan Shoukry dari Mesir mengunjungi Turki pada 27 Februari, yang menandai kunjungan pertama kalinya dalam satu dekade.

Setelah mengunjungi daerah-daerah yang dilanda gempa bumi, Cavusoglu dari Turki mengatakan bahwa ia akan segera mengunjungi Mesir, dan bahwa Erdogan dan Sisi dapat bertemu "baik di Turki maupun di Mesir" setelah itu.

baca juga Berita Dunia Islam Internasional Hari Ini

Dalam sebuah tanda normalisasi lainnya, Cavusoglu mengatakan pada bulan November bahwa Turki dapat menunjuk kembali duta besarnya untuk Kairo "dalam beberapa bulan mendatang".

(Pelaporan oleh Nayera Abdallah di Dubai dan Huseyin Hayatsever di Ankara; Penyuntingan oleh ummat site)

Diplomat Tinggi Turki Akan Kunjungi Mesir Setelah Satu Dekade Ketegangan Diposkan Oleh:

0 comments:

Posting Komentar