Berita islam terkini

loading...

Islam Menjawab Pertanyaan Kristen

KRISTEN BERTANYA TENTANG TUHAN YANG BERSUMPAH "DEMI ALLAH"

=======================================================================
Kristen mempertanyakan ayat berikut dibawah, lalu mempertanyakan, mengapa ada Tuhan bersumpah "Demi Allah".

Tujuan mereka hanyalah mengais-ngais kesalahan dan menyesatkan banyak orang, walaupun sesungguhnya hati mereka juga tahu bahwa ayat tersebut sangatlah mudah untuk di mengerti. Mereka hendak menyesatkan umat Islam, tetapi sesungguhnyalah mereka telah menyesatkan dirinya sendiri, disebabkan mereka menipu akal dan kalbunya sendiri, lalu tidak bersikap jujur untuk berusaha mengerti ayat tersebut.

Islam Menjawab Pertanyaan Kristen

Berikut ayat yang dimaksudkan ;

QS 16:63

تَاللَّهِ لَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَىٰ أُمَمٍ مِّن قَبْلِكَ فَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ فَهُوَ وَلِيُّهُمُ الْيَوْمَ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ [١٦:٦٣]

Demi Allah, sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami kepada umat-umat sebelum kamu, tetapi syaitan menjadikan umat-umat itu memandang baik perbuatan mereka (yang buruk), maka syaitan menjadi pemimpin mereka di hari itu dan bagi mereka azab yang sangat pedih.

﴿٦٣﴾
MAHA BENAR ALLAH DENGA SEGALA FIRMAN NYA

======================================================================
MENGAPA TUHAN BERSUMPAH DEMI ALLAH ?

Adalah hak Tuhan bersumpah terhadap Dirinya sendiri, atau pun bersumpah terhadap apapun yang telah di ciptakan Nya

KARENA TUHAN YANG BERSUMPAH DEMI NAMA ALLAH PADA AYAT QS 16:63 TERSEBUT ADALAH ALLAH ITU SENDIRI

-----
ALLAH, TUHAN YANG MAHA PERKASA LAGI MAHA BIJAKSANA

QS 27:9

يَا مُوسَىٰ إِنَّهُ أَنَا اللَّهُ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ [٢٧:٩]

(Allah berfirman): "Hai Musa, sesungguhnya, Akulah Allah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

﴿٩﴾

-----

ALLAH, TUHAN YANG MAHA PENERIMA TAUBAT, TETAPI AKAN MELAKNAT ORANG-ORANG YANG KAFIR

QS 2:160

إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا فَأُولَٰئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ ۚ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ [٢:١٦٠]

kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang.

﴿ إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ [٢:١٦١]

Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para Malaikat dan manusia seluruhnya.

﴿١٦١﴾

-----

ALLAH, TUHAN YANG TELAH MENURUNKAN AL-QURAN, TAURAT DAN INJIL, YANG HANYA KEPADA NYA SAJA SEHARUSNYA MANUSIA BERTAKWA

QS 2:41

وَآمِنُوا بِمَا أَنزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ ۖ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا وَإِيَّايَ فَاتَّقُونِ [٢:٤١]

Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

﴿٤١﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

=======================================================================

KOMENTAR KAMI

Sungguh luculah apa yang kalian lakukan, wahai orang Kristen. Kami berusaha mengingatkan kalian agar menyembah kepada Tuhan yang Esa, karena kami lihat kalian menyembah kepada tiga pribadi yang berbeda walaupun kalian anggap itu sama, (Ada yang berupa Roh, ada yang berupa Anak Manusia dan ada juga yang berupa Seekor Merpati).

Tetapi sebaliknya, kami mengaku bahwa kami hanya menyembah Allah saja, walaupun terdapat penggunaan kata ganti "kami", ataupun juga "ketika Tuhan kami bersumpah demi nama nya sendiri (Allah)" yang menurut kalian adalah jamak ? Sebenarnya kalian hanya ingin membuktikan bahwa ada tuhan lain selain Allah, makanya Tuhan yang kami sembah pada ayat yang kalian tanyakan bersumpah demi Allah. Menurut logika dan pandangan kalian pastilah tuhan itu berbeda bila lalu Bersumpah demi Allah, bukankah demikian pemikiran kalian.

Walaupun sesungguhnyalah saya tidak lah yakin bahwa kalian sungguh-sungguh kesulitan mengerti ayat tersebut, karena bahkan kalian dapat mengerti dan membuat penjelasan dengan ayat-ayat AlKitab kalian yang bagaimanapun sulit untuk dapat diterima akal.

=====================================================================

SEBAGAI PERBANDINGAN

-----

DI DALAM ALKITAB KRISTEN, TUHAN JUGA SERINGKALI BERSUMPAH DEMI NAMANYA SENDIRI

Kejadian 22 TB

16* kata-Nya: “Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

Yeremia 22 TB

5 Tetapi jika kamu tidak mendengarkan perkataan-perkataan ini, maka Aku sudah bersumpah demi diri-Ku, demikianlah firman TUHAN, bahwa istana ini akan menjadi reruntuhan.

Yeremia 51 TB

14* TUHAN semesta alam telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.

-----

PADA AYAT BERIKUT MUSA BAHKAN MEMPERINGATKAN TUHAN TENTANG SUMPAH TUHAN KEPADA DIRI NYA SENDIRI, KETIKA MUSA SEDANG MENASEHATI TUHAN, DIKALA TUHAN SANGAT MURKA KEPADA BANGSA ISRAEL

Keluaran 32 TB

13 Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya.”

14* Dan menyesallah TUHAN karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.

-----
DI DALAM ALKITAB, TUHAN JUGA BERSUPAH DEMI KEKHUDUSAN NYA SENDIRI

Mazmur 89 TB

35* (89-36) Sekali Aku bersumpah demi kekudusan-Ku, tentulah Aku tidak akan berbohong kepada Daud:

-----

DI DALAM ALKITAB, TUHAN JUGA BERSUMPAH DI DALAM MURKA NYA

Mazmur 95 TB

11 Sebab itu Aku bersumpah dalam murka-Ku: “Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku.”

-----

DI DALAM ALKITAB. TUHAN JUGA BERSUMPAH, BAHWA TIDAK AKAN MENYESAL LAGI (KATA MELKISIDEK)

MUNGKIN KARENA TUHAN LALU MENYADARI BAHWA PENYESALAN TIDAKLAH ADA GUNANYA ?

Mazmur 110 TB

4* TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.”

-----

DI DALAM ALKITAB. TUHAN JUGA PERNAH BERSUMPAH KEPADA NABI NUH, BAHWA TUHAN TIDAK AKAN MENGIRIM AIR BAH DAN TIDAK AKAN MURKA LAGI

Yeyasa 54 TB

9* Keadaan ini bagi-Ku seperti pada zaman Nuh: seperti Aku telah bersumpah kepadanya bahwa air bah tidak akan meliputi bumi lagi, demikianlah Aku telah bersumpah bahwa Aku tidak akan murka terhadap engkau dan tidak akan menghardik engkau lagi.

=======================================================================

Mudah-mudahan uraian tersebut dapat menjadi pencerahan bagi umat yang suka bertanya-tanya, mengais-ngais Ayat AlQuran untuk mencari kesalahan nya (kristen), juga dapat menjadi pelajaran bagi umat Islam agar semakin bertambah luas wawasan dan pengertiannya terhadap Al-Quran dan lalu tambah bertakwa dan beriman kepada Allah Swt.

Islam Menjawab Pertanyaan Kristen Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri