Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Sabtu, 24 Juni 2017

Bagaimanakah Cara Mengajarkan Tauhid kepada Anak

Cara Mengajari Tauhid utk Anak-anak,Pelajaran tauhid untuk anak sd,Metode mengajarkan anak untuk mengenal allah,Cara mengajarkan tauhid,Buku tauhid untuk anak,Pelajaran tauhid dasar,Pelajaran tauhid untuk pemula,Mengajarkan anak kalimat tauhid,Kitab tauhid untuk anak.

Kita bisa mengingatkan anak-anak tentang pembantaian warga Muslim di Bosnia dan kekerasan terhadap warga Muslim yg tidak pernah berhenti di Palestina dengan menjelaskan kepada anak-anak bahwa apa yg mereka alami adalah karena mereka mempertahankan keyakinan dan keimanan mereka sebagai Muslim. Hal ini dapat membuat anak-anak bersimpati kepada sesama Muslim.

Bagaimanakah Cara Mengajarkan Tauhid kepada Anak

Memanfaatkan keadaan tertentu :

Ketika anak sakit,orang tua bisa menanamkan prinsip bahwa Allah adalah penentu sembuh tidaknya kita,sementara obat-obatan hanyalah perantara bagi kesembuhan kita.Perjelas bahwa hanya Allah yg menentukan baik buruknya takdir kita,Dia lah satu-satunya tempat kita meminta tolong ketika berada dalam kesempitan.Demikian juga dengan sebagian keadaan lainnya dimana orang tua harus bisa menanamkan prinsip-prinsip lainnya dalam Tauhid.

Memberikan contoh yg baik :

Orang tua adalah salah satu jalan masuknya nilai-nilai dan bebrapa dasar Tauhid kepada anak-anak melalu tindakannya.Sebagai contoh,orang tua bisa menyanjung seseorang yg berbudi baik atau berjihad di depan anak-anak,sebaliknya orang tua juga bisa menghina seseorang yg tidak beriman.

Hal ini memperjelas salah satu prinsip keimanan kepada anak-anak, bahwa cinta dan kebencian terlihat karena Allah semata bukan karenahal-hal duniawi lainnya.Orang tua harus berhati-hati di depan anaknya supaya anak-anak tidak mengambil contoh yg buruk,karena orang tua adalah pengaruh terbesar buat sikap anak-anak.

Memperbaiki konsep atau kata-kata yg salah :

Dalam kegiatan anak sehari-hari,anak-anak bisa mengucapkan atau melakukan sesuatu yg tidak sesuai dengan ajaran Islam dan Tauhid, di sinilah peran orang tua utk memperbaiki hal tersebut .

Seorang anak bisa saja melihat di TV bahwa Sinterklas adalah orang baik yang dapat memberikan hadiah apa saja yg diinginkan, dalam hal ini orang tua harus menjelaskan pada anak-anak bahwa Sinterklas tersebut dalam simbol bagi non-Muslim (Kristen) dan hanya mitos saja yg dibuat-buat oleh mereka,hanya Allah yg bisa memberikan apa yg kita inginkan.

Begitu juga kalau anak-anak melihat karakter di film-film yang dapat menguasai angin atau hujan, para orang tua harus harus menjelaskan kepada anak-anak bahwa hal tersebut terjadi juga bukan di luar kekuasaan Allah, supaya anak-anak tidak meyakini kemampuan para karakter tersebut yg sama dengan Allah.

Demikian beberapa Cara Mengajari Tauhid utk Anak-anak dan cara serta langkah yang dapat dimanfaatkan oleh para orang tua utk memperjelas unsur dan prinsip dalam Tauhid kepada anak-anak.
Bagaimanakah Cara Mengajarkan Tauhid kepada Anak Diposkan Oleh: