Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Minggu, 13 Maret 2016

Ini Rahasia Dari Rasulullah Agar Urusan Menjadi Mudah dan Berkah

Ini Rahasia Dari Rasulullah Agar Urusan Menjadi Mudah dan Berkah
Nabi SAW telah mengajari kita dalam sebuah hadisnya yg diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori, utk melakukan sunahnya ini setiap kali kita ingin pergi menunaikan sebagian urusan dunia.

Akan tetapi, sunah ini layaknya batu kerikil kecil yg tak banyak orang menginginkannya, bahkan mengambilnya, ataupun meliriknya. Padahal ia mempunyai peran penting utk membangun sebuah gunung yg besar dan kokoh. Sebagaimana sunah yg singkat ini, bisa membawa kemudahan dan keberkahan yg banyak dengan izin Allah SWT.

Setiap kita pasti menginginkan agar mendapatkan kehidupan yg mudah, berkah dan bahagia yg hakiki. Tapi mengapa banyak diantara kita yg justru menjauhi satu-satunya sumber kebahagiaan, yaitu Al-Qur’an dan As-Sunah?

Inilah sunah yg jika melakukannya, niscaya kemudahan, keberkahan dan hasil yg menyenangkan akan mendapatkan bidznillah, yaitu sholat dan do’a istikhoroh sebelum melakukan kebutuhan yg anda ingin lakukan.

Mari kita simak konteks haditsnya.

روى البخاري عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه قال : كان النبي صلى الله عليه وسلم يعلمنا الاستخارة في الأمور كلها، كالسورة من القرآن : ((إذا هم بالأمر فليركع ركعتين، ثم يقول : اللهم إني أستخيرك بعلمك، و أستقدرك بقدرتك، وأسألك من فضلك العظيم، فإنك تقدر ولا أقدر، و تعلم و لا أعلم، و أنت علام الغيوب، اللهم إن كنت تعلم أن هذا الأمر خير لي في ديني و معاشي و عاقبة أمري)) ، أو قال : ((في عاجلي أمري و آجله، فاقدره لي، و يسره لي، ثم بارك لي فيه، و إن كنت تعلم أن هذا الأمر شر لي في ديني و معاشي و عاقبة أمري)) ، أو قال : ((في عاجل أمري و آجله، فاصرفه عني و اصرفني عنه، و اقدر لي الخير حيث كان، ثم رضني به، و يسمي حاجته.))

Artinya : “Diriwayatkan oleh Al-Bukhori dari Jabir. ra berkata : ”Rasulullah SAW mengajari kita (tuk membaca) doa istikhoroh dalam semua urusan dunia, seperti Ia mengajari kita sebuah surat dari Al-qur’an. Nabi SAW bersabda : ” jika ada yg ingin menunaikan kebutuhannya, maka hendaklah ia sholat dua rakaat, kemudian membaca do’a “Ya Allah, pilihkanlah untukku diantara dua perkara yg terbaik bagiku, dan takdirkanlahyang terbaik itu untukku, dan aku memohon dengan kemuliaanmu yg agung, dikarenakan sesungguhnya Engkau Maha kuasa sedangkan aku tidak, dan Engkau Maha mengetahui sedangkan aku tidak, dan hanya Engkau yg mengetahui perkara yg goib. Ya Allah.. jika Engkau mengetahui (sebutkan kebutuhan kita) baik untukku, agamaku, kehidupanku, dan akhirnyapun baik untukku, maka tetapkanlah itu untukku, dan mudahkanlah ia untukku, dan jadikanlah ia berkah bagiku. Dan jika engkau mengetahui bahwa itu buruk bagiku, agamaku, dan kehidupanku maka palingkanlah aku dari itu, dan palingkanlah itu dari, kemudian takdirkanlah yg terbaik untukku dan buatlah aku ridho dengan pilihan itu. (1)

Ini Rahasia Dari Rasulullah Agar Urusan Menjadi Mudah dan Berkah

Ini Rahasia Dari Rasulullah Agar

Inilah yg biasa dilakukan oleh Nabi kita, yaitu sholat istikhoroh tiap saat ingin menunaikan urusan dunianya. Nabipun mengajari do’a ini kepada para sahabat, seperti mengajari mereka al-qur’an, yg mana ini menunjukan akan pentingnya istikhoroh itu.

Para ulama mengatakan bahwa kebahagian dan keberkahan insan, terletak pada banyaknya istikhoroh yg ia lakukan dalam urusan dunianya. Disebutkan pula dalam kitab hishnul muslim, bahwa orang yg beristikhoroh kepada Robbnya dan bermusyawarah dengan mukmin lainya, tidak akan menyesal dengan apa yg ia lakukan. 
Lihat Juga:7 Keajaiban Dunia Dan 7 Keajaiban Allah
Begitulah pembaca yg budiman, oleh karena itu, marilah kita hidupkan kembali sunah Nabi kita yg mulia ini dan mengajarinya kepada yg lain.
Ini Rahasia Dari Rasulullah Agar Urusan Menjadi Mudah dan Berkah Diposkan Oleh: