Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Senin, 05 Januari 2015

Apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni?

Apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni?
Bismillah,,pertanyaan ini banyak sekali di tanyakan oleh teman-teman facebook,apakah syurga dan neraka sudah ada,apakah ustad sudah melihat neraka,kenapa sudah tau,mungkin banyak sodara kita yang tidak tahu peristiwa israk mikraj nabi,atau ada yang masih ragu-ragu,berikut ini tanya jawabnya,inilah tanda iman kita percaya dengan iman,bukan akal pikiran kita,dan merupakan salah satu rukun iman yang wajib kita imani,cari informasi yang benar,


Pertanyaan:

Saya masih bertanya-tanya ustadz, apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni? Kalau dari nash-nash yang pernah saya baca,di neraka sudah ada orang-orang yang disiksa, sebagaimana kabar dari Rasullah Shallallahu ‘alahi wa sallam ketika naik ke Mi’raj. Bagaimana kejelasan tentang hal ini?Mohon diterangkan berdasarkan dalil-dalil yang sahih.

apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni


JAWABAN

Surga adalah tempat yang disediakan Allah bagi hamba-hamba yang dicintai dan taat kepada-Nya.Di dalamnya penuh dengan kesenangan dan kenikmatan tanpa ada yang dapat mengurangi dan mengusik kesuciaannya. Kenikmatan Surga bersifat kekal. Belum pernah dilihat oleh mata,belum pernah didengar oleh telinga,dan tidak pernah terlintas dalam pikiran seorang pun manusia.
Neraka adalah tempat tinggal yang disediakan Allah untuk orang-orang yang tidak beriman kepada-Nya,yaitu mereka yang menentang aturan-aturan-Nya,dan tidak mempercayai para rasul-Nya.Di dalamnya terdapat siksaan yang paling hina sebagai hukuman bagi musuh-musuh-Nya.
Surga dan neraka telah diciptakan oleh Allah Ta’ala.Keberadaan keduanya tidak akan pernah berakhir. Allah Ta’ala menciptakan surga dan neraka sebelum menciptakan yang lain, sekaligus menciptakan penduduk di dalamnya.Demikianlah yang dikatakan oleh Imam Thahawi Rahimahullah dalam bukunya yang berjudul Al ‘Aqidah At Thahawiyah.
Ibnu Abdil Izz Al Hanafi Rahimahullah memberi komentar keterangan di atas,ia mengatakan ‘mengenai pernyataannya bahwa Allah Ta’ala telah menciptakan surga dan neraka, ahlus sunnah sependapat bahwa surga dan neraka memang telah diciptakan dan sudah ada sekarang.’
Al Qur’an telah mengabadikan keberadaan surga di beberapa surat.Diantaranya Surat Ali Imron ayat 133 ,
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa” (QS. Ali Imran: 133)
Surat An Najm ayat 13-15.
“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,(yaitu) di Sidratil Muntaha,Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. An Najm: 13-15)
Imam Muslim Rahimahullah meriwayatkan dari  ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha,telah terjadi sebuah gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Aisyah memberi kabar bahwa Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Ketika Aku berdiri di sini aku melihat semua yang dijanjikan kepadamu.Aku bahkan melihatku sendiri memetik beberapa buah di surga,ketika engkau melihat aku melangkah ke depan.Dan aku  melihat api neraka,beberapa bagiannya mamakan bagian-bagian yang lain,ketika engkau melihat aku melangkah ke belakang.”
Imam Bukhari Rahimahullah menyediakan bab khusus dalam shahihnya mengenai hadits-hadits diskripsi surga dan tentang telah diciptakannya surga.Beliau mengutip banyak hadits yang menunjukkan bahwa surga telah diciptakan.Diantaranya adalah hadits yang menyatakan bahwa pada saat mayit dimasukan ke dalam kubur,Allah Ta’ala memperlihatkan kepada mayit itu tempatnya di surga atau di neraka.Ada lagi hadits bahwa nabi melihat tempat Umar bin Khatab di surga.

Seputar Penghuni Surga Dan Neraka
Sebagaimana yang kita telah ketahui bersama bahwa surga dan neraka telah diciptakan, lalu siapa penghuninya sekarang ini……. ?
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak menceritakan tentang para penghuni jannah atau neraka,baik ketika melaksanakan mi’raj maupun ketika bermimpi atau dari mimpi para sahabat yang dibenarkannya.
Imam Bukhari Rahimahullah meriwayatkan dari Asma’ bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Surga berada begitu dekat denganku sehingga, jika aku mau, aku dapat memetik beberapa buahnya.Neraka juga didekatkan sekali kepadaku sehingga aku berkata ‘Ya Allah,bahkan aku masih bersama mereka,aku melihat seorang dari mereka sedang dicakar oleh seekor kucing,dan aku bertanya mengapa ini? Mereka mengatakan kepadaku, ia menyekap kucing tersebut sampai mati kelaparan,ia tidak memberinya makan,atau melepaskannya supaya kucing tersebut dapat memakan tikus-tikus yang berkeliaraan di muka bumi.”
Dalam hadits yang lain ditambahkan,”Aku juga melihat Abu Thumamah,Umar bin Malik yang sedang ditarik batang tenggorokannya di dalam neraka.”
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam melihat Amir bin Amir Al Khuja’i dikeluarkan isi perutnya didalam neraka.
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda dalam khutbahnya ketika gernaha matahari,“Aku melihat neraka,dan aku melihat sebagian isinya adalah wanita.”
Mengenai surga,Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Usamah bin Zaid,“Aku berdiri di depan pintu surga dan melihat bahwa sebagian besar dari orang-orang yang masuk surga adalah orang-orang miskin dan papa,sedangkan yang kaya tertahan,sementara penduduk neraka diperintahkan untuk dibawa ke dalam neraka.”
Imam Tirmidzi meriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Telah diperlihatkan kepadaku tiga orang pertama yang akan masuk surga: seorang mati syahid, seorang yang beramal sholih,dan seorang budak yang menyembah Allah dengan penuh keyakinan dan pengabdian serta tulus dan setia kepada tuannya.”
Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam juga menyebut bahwa Beliau melihat beberapa sahabat di dalam jannah,diantaranya sahabat Ja’far bin Abdil Muthalib,Hamzah bin Abdul Muthalib,Zaid bin Haritsah,Zaid bin Amir bin Nufail,Haritsah bin An Nu’man,dan Bilal bin Rabah.

Orang-orang yang Masuk Surga Sebelum Hari Kiamat

Ada beberapa orang atau golongan yang masuk surga sbelum datangnya Hari Akhir,yaitu:
  1. Nabi Adam ‘alahis salam
Manusia pertama yang masuk surga adalah bapak umat manusia,Adam as dalilnya qs2;35, tetapi adam melanggar perintah Allah Ta’ala dengan memakan buah dari pohon yang telah dilarang,lalu Allah mengirim adam dari surga ke dunia yang penuh penderitaan dan kekurangan.
  1. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alahi wa sallam
Imam Muslim meriwayatkan dari ‘Aisyah,telah terjadi sebuah gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam.‘Aisyah memberi kabar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,”Ketika aku berdiri di sini aku melihat semua yang dijanjikan kepadamu.Aku bahkan melihatku sendiri memetik beberapa buah di surga,ketika engkau melihat aku melangkah ke depan.Dan aku  melihat api neraka,beberapa bagiannya mamakan bagian-bagian yang lain,ketika engkau melihat aku melangkah kebelakang.”
  1. Para Syuhada
Diantara orang yang akan masuk surga sebelum hari kiamat adalah para syuhada fi sabilillah.Imam Muslim meriwayatkan bahwa Masruk bertanya kepada Abdullah bin Mas’ud tentang ayat 169 dari Surat Ali Imran,Ia berkata kami juga menanyakan hal itu,dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Arwah mereka berada dalam perut burung burung berwarna hijau dan mereka mempunyai cahaya yang datang dari Arsy.Mereka berkeliaraan di surga ke mana saja mereka inginkan,kemudian mereka mencari perlindungan di bawah cahaya itu.Rabb mereka akan datang secara tiba tiba kepada mereka lalu bertanya, apakah kalian menginginkan sesuatu?Mereka menjawab ‘apalagi yang kami inginkan, sementara kami dapat pergi ke mana saja yang kami inginkan di surga’,Allah Ta’ala akan datang dan menanyakan hal tersebut tiga kali.Ketika mereka sadar bahwa mereka tidak diijinkan menjawab tidak, lalu mereka berkata’ Ya Rabb,bisakah kami dikembalikan lagi ke tubuh tubuh kami dan dibunuh sekali lagi di jalanmu?Ketika Allah Ta’ala mengetahui bahwa mereka tidak mempunyai keinginan atau keperluan apa-apa lagi,maka Allah Ta’ala membiarkan saja mereka.”
  1. Siapa saja dari manusia yang meninggal dunia maka baginya akan diperlihatkan tempatnya di surga atau di neraka,pada waktu pagi dan sore.
Imam Muslim meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Apabila seseorang meninggal akan diperlihatkan tempatnya pada pagi dan sore hari. Jika ia calon penghuni surga ia akan menjadi penghuni surga,jika ia calon penghuni neraka ia akan menjadi penghuni neraka,lalu dikatakan kepadanya inilah tempatmu sekarang,sampai Allah Ta’ala memasukanmu kedalamnya pada hari kiamat nanti
Sebagai bahasan terakhir,pernyataan Imam Nawawi di dalam syarh sahih Muslim di bawah ini perlu diperhatikan:
“Orang-orang yang dikabarkan berada di dalam jannah bukan berarti ia sudah berada di jannah, hal itu adalah sebagai kabar gembira bagi para sahabat dengan kesaksian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,baik di dalam mimpinya maupun ketika mi’raj. Apabila penghuni surga sudah ada sebelum Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,berarti bertentangan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Aku datang ke pintu jannah dan meminta supaya pintu itu dibuka. Penjaga jannah bertanya,”Siapakah engkau”? Aku berkata,”Muhammad.” Penjaga surga berkata lagi,”Aku diperintah untuk tidak membuka pintu ini bagi siapa saja sebelum engkau.”
Beberapa sahabat yang dikabarkan masuk jannah mereka masih hidup dan mustahil mereka ketika itu berada di dalam jannah. Al Kirmani berkata,”Seseorang tidak akan masuk surga kecuali setelah ia mati.” [lihat Syarh Shohih muslim]

Kesimpulan
1. Bahwasannya Rasulullah adalah orang yang pertama sekali masuk jannah dan tidak ada orang yang mendahuluinya.
2. Orang orang yang dikabarkan didalam jannah atau di neraka adalah wahyu sebagai kabar gembira atau peringatan.
3. Para syuhada akan diizinkan mengunjungi jannah,sebagai keutaman bagi mereka, namun mereka belum menikmati jannah dengan badannya.
Referensi:
  1. Syareh Aqidah Thohawiyah,Muhamad ibnu Abdil Izz, darul ‘alam alkutub, cet ketiga, 1418 H / 1997 M.
  2. Fathul Bary, ibnu hajar asqolani, jilid 2, darul kutub ilmiyah, cet pertama 1410 H / 1989 M.
  3. Surga dan neraka, Sulaiman Al asqor,serambi ilmu semesta, cet kesatu, 1421 H / 2000 M.
  4. Syareh Shahih Muslim, Imam Nawawi.
Apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni? Diposkan Oleh: