Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Selasa, 14 Oktober 2014

Ucapkan Salam Sesama sodara islam Dimana pun Berada

MARI TEBARKAN SALAM

عن عبد الله بن عمرو أن رجلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَيُّ الإِسْلاَمِ خيرٌ ؟ قَالَ: تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لـَمْ تَعْرِفُ.  رواه البخاري
Dari Abdullah bin Amr (bin ‘Ash) radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “Amalan Islam apakah yang baik?” Beliau bersabda: “Engkau memberi makan (orang fakir n miskin), dan mengucapkan SALAM kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.” (HR. Imam Al-Bukhari no. 28).
(*) BEBERAPA PELAJARAN PENTING DAN FAEDAH ILMIYAH YANG DAPAT DIAMBIL DARI HADITS INI: 
1. Mengucapkan SALAM dan membudayakannya diantara kaum muslimin merupakan salah satu amalan  SUNNAH yg sangat dianjurkan di dlm agama Islam.
2. Hukum menjawab SALAM adalah WAJIB.
3. Ucapan SALAM yg syar’i dan sempurna ialah:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
“Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.”
» BOLEH juga mengucapkannnya dengan kalimat yg lebih singkat:
“Assalamu’alaikum warahmatullah” atau “Assalamu’alaikum”.
4. Mengucapkan Selamat pagi atau selamat sore atau selamat siang atau selamat malam (atau dlm bahasa Inggris “Good Morning, Good Afternoon, Good Night, Good By, Good Bless) bukanlah ucapan penghormatan yang disyari’atkan dalam Islam. Oleh karenanya, cukuplah bagi kita mengucapkan SALAM yg syar’i yg telah diajarkan oleh Allah n Rasul-Nya, karena di dalamnya terkandung makna doa kebaikan, yaitu:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
“Semoga Allah melimpahkan kepada kalian kesejahteraan (keselamatan), rahmat dan berkah-Nya.”
5. Sangat dianjurkan mengucapkan SALAM kepada orang yang kita kenal maupun yg belum kita kenal, jika kita yakin dia adalah seorang muslim. Karena hukum mengucapkan salam yg syar’I kepada orang NON MUSLIM hukumnya DILARANG dlm agama Islam.
6. Dibolehkan bagi kita menyampaikan SALAM kepada sesama muslim dengan isyarat tangan disertai mengucapkan SALAM jika kita mengira bahwa saudara kita tidak mendengar ucapan SALAM dr kita.
7. Dianjurkan pula mengucapkan SALAM ketika kita akan memulai pembicaraan dengan saudara kita melalui pesawat telpon maupun selainnya.
8. Menyebarkan n membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk Surga dengan selamat.
» Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yg artinya):
“Wahai segenap manusia, sebarkanlah ucapan SALAM (diantara kalian), sambunglah tali silaturahmi, berilah makan (orang2 fakir n miskin, pent), dan lakukanlah sholat malam (tahajjud) ketika manusia pada tidur, niscaya kamu akan masuk Surga dengan selamat (n sejahtera).”
9. Menyebarkan n membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk tumbuhnya rasa saling mencintai diantara kaum muslimin.
» Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yg artinya):
“Kalian tidak akan masuk Surga sehingga kalian beriman (kpd Allah). Dan kalian tidaklah beriman (dengan sempurna) sehingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kpd kalian tentang suatu amalan yg aapabila kalian melakukannya, niscaya kalian akan saling mencintai? (Beliau bersabda) : “Sebarkanlah ucapan SALAM diantara kalian.”
10. Anjuran memberi makan orang-orang fakir n miskin, karena hal ini jg termasuk salah satu amalan yg dapat memasukkan seorang hamba ke dalam Surga sbgmn disebutkan di dlm hadits shohih di atas (faedah no.8).
11. As-Salaam (السَّلاَمُ) merupakan salah satu nama diantara nama-nama Allah yg indah. Oleh karenanya, TIDAK BOLEH menamai anak dengan nama Allah tsb.
12. TIDAK BOLEH menyingkat kalimat SALAM dalam ucapan maupun tulisan, seperti: assalam wr.wb, atau “Ass. Wr. Wb” atau semisalnya, karena ini bukan kalimat salam yg syar’i n jg tidak terkandung di dalamnya makna doa kebaikan.
Demikianlah Faedah ilmiyah yg dapat kita petik dari hadits shohih ini. Semoga menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua.
Ucapkan Salam Sesama sodara islam Dimana pun Berada Diposkan Oleh:

0 comments:

Catat Ulasan