Berita Islami Masa Kini (BIMK) adalah sebuah komunitas yang beranggotakan organisasi-organisasi anggota, Driver Printer Panasonic, Brother, Driver Canon, Kyocera, Ricoh, Driver printer konika, dan masyarakat umum yang bekerja sama dalam mengembangkan standar Web Driver, Berita islam terkini, kumpulan situs berita islam ummat di indonesia

Senin, 20 Oktober 2014

Keagungan Ayat Kursi

  Kekuasaan Allah SWT


Keagungan Ayat Kursi dan Manfaatnya

Sekitar 4000 barisan malaikat telah siap mengawal Jibril dalam mengemban tugasnya, yakni menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam penyampaian wahyu itu, Jibril sendiri diperintahkan oleh Allah untuk menggunakan berbagai cara penyampaian sesuai dengan keadaan Rasullulah SAW. pada saat itu. Terkadang Jibril menyerupai manusia yang tampan dan menawan, dan tekrkadang ia menyerupai suara yang menakutkan yang membuat Nabi merinding bahkan sampai menggigil bagaikan orang yang kedinginan.Tapi kali ini Jibril tidak lagi sendirian dalam mengantarkan wahyu-Nya.Jibril dikawal ribuan malaikat bahkan dalam riwayat lain sampai 8000 malaikat. Tentunya barisan ini membuat Nabi terkejut, bahkan para sahabat yang selalu menyertai kemana Beliau pergi pun terkejut.
 



Keagungan Ayat Kursi


Tidak hanya itu,
ternyata gemuruhnya suara barisan Malaikan Jibril dan pengawalnya menjadi sebab robohnya berhala- berhala yang tegak diseluruh dunia. Raja-raja yang berkuasa pada saat itu pun jatuh terpelanting hingga mahkota mereka pun terlepas dari kepalanya. Mereka binggung dan hanya terdiam dalam ketakutan.
Lain lagi dengan syaitan, mereka lari tunggang-langgang layaknya para penjudi dan tukang sabung ayam  "Waduh ada apa gerangan," ucap iblis ketakutan. Akhirnya iblis mengumpulkan pasukan-pasukannya untuk membahas hal itu. Pimpinan iblis mengerahkan semua anak buahnya untuk mencari informasi tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dengan menggunakan sayap-sayapnya mereka mengelilingi seluruh penjuru dunia, ada yang menuju ke barat, timur, utara, dan selatan. Setelah iblis mendapatkan informasi, masing - masing dari mereka menyiapkan laporan hasil temuannya. Mereka menunggu satu per satu dipanggil oleh pimpinan. Setelah semua pasukan terpanggil oleh pimpinan dan menyerahkan laporannya, ternyata informasi yang mereka dapati satu sama lain tidak lah berbeda, yakni di Madinah al- Munawwarah telah diturunkan sebuah ayat yang dinamakan dengan Ayat Kursi.
Baru kali ini mereka merasakan hebatnya guncangan dunia disaat turunnya ayat-ayat Allah. Akhirnya iblis menyimpulkan, "Inilah ayat yang agung yang menjadi musuh kita (iblis dan bala tentaranya) dan membakar tubuh kita. Akanlah sulit menggoda manusia jika mereka berlindung kepada Allah dengan Ayat Kursi ini."

Semasa penurunannya ia telah diiringi oleh beribu-ribu malaikat kerana kehebatan dan kemuliaannya. Syaitan dan iblis juga menjadi gempar kerana adanya satu perintang dalam perjuangan mereka. Rasullah s.a.w. dengan segera memerintahkan Zaid bt sabit menulis serta menyebarkannya.
Sesiapa yang membaca ayat Kursi dengan khusyuk setiap kali selepas sembahyang fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali keluar masuk rumah atau hendak musafir, InsyaAllah akan terpeliharalah dirinya dari godaan syaitan, kejahatan manusia, binatang buas yang akan memudaratkan dirinya bahkan keluarga, anak-anak, harta bendanya juga akan terpelihara dengan izin Allah s. w. t.
Mengikut keterangan dari kitab”Asraarul Mufidah” sesiapa mengamalkan membacanya setiap hari sebanyak 18 kali maka akan dibukakan dadanya dengan berbagai hikmah, dimurahkan rezekinya, dinaikkan darjatnya dan diberikannya pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya serta terpelihara ia dari segala bencana dengan izin Allah. Syeikh Abu Abbas ada menerangkan, siapa yang membacanya sebanyak 50 kali lalu ditiupkannya pada air hujan kemudian diminumnya, InsyaAllah Allah akan mencerdaskan akal fikirannya serta Fadhilat Ayat Al-Kursi mengikut Hadis-Hadis Rasullullah s. a. w. bersabda bermaksud:
“Sesiapa pulang ke rumahnya serta membaca ayat Kursi, Allah hilangkan segala kefakiran di depan matanya.”
Sabda baginda lagi;

“Umatku yang membaca ayat Kursi 12 kali pada pagi Jumaat, kemudian berwuduk dan sembahyang sunat dua rakaat, Allah memeliharanya daripada kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar.”
Manfaat membaca Ayat Kursi

A. Dilindungi dari Kejahatan Apa saja

Pelaku maksiat terkadang dilakukan oleh sesama manusia, binatang buas ataupun jin jahat (syaitan), yang pasti selama ada niat dan ada kesempatan, meraka akan meluncurkan aksinya...
...
Rasullulah SAW. bersabda :
"Barang siapa yang membaca Ayat Kursi dipagi hari maka ia akan mendapatkan perlindungan dari Allah sampai sore hari, kemudian ia membaca pada sore hari maka Allah akan melindunginya hingga pagi hari." (HR. at-Tirmidzi dan ad-Darami dari Abu Hurairah ra.)

B. Penolak Serangan Tersembunyi

Maksud serangan tersembunyi di sini yaitu serangan musuh yang tidak secara terang-terangan. Serangan ini berupa santet, hipnotis, tenung, pelet dan bentuk-bentuk sihir lainnya.
Anjuran Rasullulah buat ALi bin Abi Thalib :
"Tidak lah ayat ini (Ayat Kursi) dibaca di dalam suatu rumah kecuali syaitan akan meninggalkan rumah itu selama tiga puluh hari dan tidak akan masuk ke dalamnya tukang-tukang sihit baik laki-laki maupun perempuan selam empat puluh malam, wahai Ali ajarkanlah hal ini kepada keluargamu dan tetangga-tetangga mu, karena tidak akan turun lagi ayat yang lebih agung dari ayat ini."(HR. Ali bin Abi Thalib)

C. Dijauhkan Dari Mimpi Buruk
Rasullulah SAW. mengajarkan kepada kita dalam menanggapi mimpi buruk disaat tidur. Beliau bersabda :
"Apabila kamu bermimpi sesuatu yang menyenangkan, maka itu datangnya dari Allah SWT. maka hendaklah ia memuji kepada Allah dan hendaklah tidak menceritakannya kepada orang lain kecuali kepada orang yang dia cintai. Dan jika dia bermimpi hal yang kurang menyenangkan, maka sesungguhnyahal itu dari syetan, maka hendaknya memohon perlindungan kepada Allah daripada keburukan mimpinya dan tidak menuturkannya kepada siapapun, karena tidak akan membahayakannya." (HR. Bukhari)

D. Dihindarkan dari Cacian Orang Lain

Syekh al-Buni memberikan resepnya pada kita, Beliau berkata, "Ayat Kursi itu mengandung huruf-huruf, kalimat dan hal-hal lainnya. Adapun hurufnya berjumlah seratus tujuh puluh, dan barang siapa yang mahu membaca ayat ini sebanyak jumlah hurufnya, maka Allah akan selau melindungi dirinya sehingga ia tidak merasakan sesuatu yang tidak ia sukai, baik berupa ucapan (cacian) maupun perbuatan di dalam perkara dunianya (dalam bermasyarakat) juga perkara akhiratnya (ketika beribadah)."

Ayat Kursi Untuk Pengobatan

A. Menghilangkan Riyak (Lendir di dalam tenggorokan)
Caranya mudah, Sediakan tujuh butiran garam kasar, kemudian bacakan Ayat Kursi tujuh kali pada tiap butirnya, lalu telan butiran garam tersebut setiap satu hari satu butir, sehingga akan habis dalam waktu tujuh hari. Insya Allah dengan berkah ayat ini, gangguan tenggorokan tersebut akan hilang.Aamiin

B. Mengobati Orang pingsan Tanpa Sebab
Sebenarnya ia kemasukan makhluk halus yang jahat (syaitan) dimana makhluk tersebut akan merasa terbakar apabila dibacakan ayat yang agung ini. Itulah Ayat Kursi, ternyata dengan dibacakan saja dapat membakar makhluk halus yang kasat mata.
Bacakan sebelas kali pada kepala penderita.

C. Mengobati Berbagai Macam Penyakit
Rasulullah SAW bersabda, " Barang siapa yang mengambil air hujan-riwayat lain-gerimis, kemudian dibacakan Surat al-Fatihah tujuh puluh kali, Ayat Kursi tujuh puluh kali, surat al-Ikhlas tujuh puluh kali, surat al-Falaq tujuh pulah kali, dan surat an-Nas tujuh puluh kali pula, maka demi Dzat yang menguasai jiwa ku (Allah), jibril membawa kabar bahwa orang yang meminum air tersebut selama tujuh hati berturut-turut, Allah akan menjauhkan jasadnya dari segala penyakit dan menyembuhkan penyakit yang ada pada jasadnya, serta mengeluarkan penyakitnya dari keringatnya, daging dan tulang, serta seluruh anggota tubuhnya." (HR. Umar bin Khatab ra)Wallahu'alam,Demikianlah semoga bermamfaat.
Keagungan Ayat Kursi Diposkan Oleh:

1 comments: