INFO ISLAM

"KATA-KATA HIKMAH"

- Mutiara Nasehat dari Imam Al-Ghazali -
Silahkan dishare, Semoga bermanfaat.

Suatu hari Imam al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu ia mengajukan enam pertanyaan.
PERTAMA, "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman, dan kerabatnya.
Imam al-Ghazali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah "mati". Sebab kematian adalah janji Allah s.w.t.. "Setiap yang bernyawa (pasti) akan merasakan mati." (QS. Ali ‘Imran: 185).
Lalu Imam al-Ghazali meneruskan pertanyaan.

Kata Nasehat Imam AL Ghazali
KEDUA, "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab negara Cina, bulan, matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban yang diberikan adalah benar.
Tetapi yang paling benar adalah "masa lalu".

Siapa pun kita, bagaimanapun kita, dan betapa kayanya kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan aturan Allah dan Rasul-Nya.
Imam al-Ghazali meneruskan pertanyaan.

KETIGA, "Apa yang paling besar di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam al-Ghazali. Tetapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "nafsu".
Banyak manusia menjadi celaka karena memperturutkan hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu. Karena itu, kita harus hati-hati dengan hawa nafsu ini, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

KEEMPAT, "Apa yang paling berat di dunia ini?"
Di antara muridnya ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban hampir benar, kata Imam al-Ghazali. Tetapi yang paling berat adalah "memegang amanah".

KELIMA, "Apa yang paling ringan di dunia ini?"
Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam al-Ghazali. Tetapi yang paling ringan di dunia ini adalah “meninggalkan shalat".

KEENAM, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?".
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang. Benar kata Imam al-Ghazali. Tetapi yang paling tajam adalah "lidah manusia". Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Subhanallah. Semoga Allah menjaga diri, jiwa, hati, lisan, iman, amal dan ibadah kita dalam kebaikan dan kebenaran. Hari ini, esok dan selamanya. Aamiin.
-Mari terus berbagi KEBAIKAN-
  Semoga menjadi KEBAIKAN kita semua.

Sumber hati bermanfaat, update setiap hari insyaAllah.